Khazzanah Tours

Ini Dia! Bacaan Doa Selamat Setelah Sholat dan Keutamaannya

Bacaan Doa Selamat Setelah Sholat

Ini Dia! Bacaan Doa Selamat Setelah Sholat dan Keutamaannya

Category : Artikel

Bacaan Doa Selamat Setelah Sholat. Ramadhan 2024 akan kita sambut dalam hitungan beberapa hari lagi. Itu artinya, umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Namun, selain puasa, ada juga ibadah yang tak kalah penting dan kita justru wajib melaksanakannya setiap hari, yakni sholat. 

 

Sholat, merupakan salah satu ibadah wajib yang termasuk dalam rukun islam yang kedua. Kewajiban melaksanakan shalat berlaku untuk setiap muslim yang telah memasuki usia baligh dan wajib dilakukan 5 kali dalam sehari.

 

Untuk melengkapi ibadah sholat sendiri, kita dianjurkan untuk senantiasa melantunkan doa setelahnya. Doa setelah sholat sendiri sangatlah beragam tergantung kepercayaan dan kebutuhan masing-masing individu.. Namun, banyak ulama yang menyarankan untuk membaca bacaan doa selamat setelah sholat.

 

Hal ini dikarenakan keutamaan-keutamaan dari doa selamat itu sendiri. Doa ini tidak hanya menjadi ungkapan syukur, tetapi juga sebagai wujud pengharapan atas perlindungan dan petunjuk dari Sang Pencipta

 

Keutamaan Doa Selamat

 

Bacaan doa selamat setelah shalat memiliki kedudukan yang istimewa dalam Islam. Karena, membaca doa selamat setelah sholat langsung diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dan diwarisi dan dilestarikan oleh para sahabat. Keutamaan bacaan doa selamat setelah sholat ini tidak hanya terletak pada maknanya yang mendalam, tetapi juga pada pengaruh positifnya terhadap kehidupan sehari-hari.

Dibawah ini merupakan beberapa keutamaan membaca bacaan doa selamat setelah melaksanakan sholat :

 

  • Mendatangkan Rahmat Allah

Doa selamat merupakan ungkapan syukur dan permohonan perlindungan kepada Allah. Dengan membacanya, seseorang berharap mendapatkan rahmat, maghfirah (ampunan), dan berkah dari Sang Pencipta.

 

  • Perlindungan dari Kejahatan

Bacaan doa selamat mencakup permohonan perlindungan dari berbagai kejahatan, seperti kesulitan, kecemasan, dan godaan syaitan. Ini membantu melindungi diri dari ancaman spiritual dan fisik.

 

  • Penguatan Spiritual

Doa selamat memperkuat ikatan spiritual antara hamba dan Allah. Aktivitas ini menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran akan kehadiran-Nya dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari.

 

  • Permohonan Ampunan

Dalam bacaan doa selamat juga berisi ungkapan taubat dan permohonan pengampunan. Membacanya dengan sungguh-sungguh dapat menjadi wujud kesadaran akan kesalahan dan tekad untuk memperbaiki diri.

 

  • Pembuka Pintu Rezeki

Dalam beberapa doa, terdapat permohonan akan kemudahan rezeki dan keberkahan dalam hidup. Membaca doa selamat diyakini dapat membuka pintu rezeki dari Allah SWT.

 

  • Pengingat Akhirat

Doa selamat seringkali mengandung pengingat akan kehidupan akhirat. Membacanya membantu seseorang untuk tetap fokus pada tujuan akhirat dan menjalani hidup dengan perspektif yang benar.

 

  • Penguatan Iman dan Ketaqwaan

Kegiatan membaca doa selamat secara rutin dapat memperkuat iman dan ketaqwaan seseorang. Ini membantu menjaga kesadaran spiritual dalam setiap aktivitas, termasuk setelah melaksanakan ibadah shalat.

 

Membaca doa selamat bukan hanya ritual, melainkan juga sarana untuk memperdalam hubungan spiritual dengan Allah dan memperkukuh nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Lafadz bacaan doa selamat

 

Lafadz bacaan doa selamat setelah shalat cukup beragam, Kita dapat membaca salah satunya dibawah ini :

 

  • Doa istighfar


أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

 

Artinya:
“Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Besar, yang tidak ada tuhan selain-Nya, yang Maha Hidup, yang Maha Kekal, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

 

  • Doa Perlindungan dari Kejahatan


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ


Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari beban hutang dan penindasan manusia.”

 

  • Doa selamat dunia akhirat

 

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

 

Artinya:

Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).

Membaca bacaan doa selamat setelah shalat memiliki keistimewaan yang mendalam dalam Islam. Doa ini mencakup permohonan perlindungan, ungkapan syukur, memohon rahmat dan ampunan, serta penguatan hubungan spiritual dengan Allah. Kesempurnaan doa selamat terletak pada sifatnya yang menyeluruh, memberikan perlindungan dari berbagai aspek kehidupan, baik itu dunia maupun akhirat dan mengarahkan seorang muslim untuk tetap fokus pada nilai-nilai keagamaan. Dengan konsistensi dalam membacanya, diharapkan dapat memperoleh keberkahan, keselamatan, dan pencerahan spiritual dalam perjalanan hidup. Berbagai informasi mengenai bacaan doa selamat setelah sholat, ramadhan 2024, dan umroh 2024 bisa diakses melalui https://khazzanahtours.co.id/umroh-ramadhan/.


Log out of this account

Leave a Reply