Khazzanah Tours

Keutamaan Berdoa Sebelum Belajar

keutamaan berdoa sebelum belajar

Keutamaan Berdoa Sebelum Belajar

Category : Uncategorized

Dalam agama islam, doa merupakan sebuah hal yang tak terpisahkan. Dalam berbagai aktivitas dan kegiatan umat muslim, tidaklah pernah terlepas dari berdoa. Sebelum memulai aktivitas, setelah melakukan kegiatan, dalam keadaan senang dan sedih, dan semua yang dilakukan pasti tak pernah luput dari doa. Salah satunya adalah saat kita akan belajar.

 

Seperti yang kita ketahui, belajar merupakan kegiatan untuk mendapatkan suatu hal yang baru ataupun ilmu yang baru. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 

“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Sesungguhnya para malaikat akan menutupkan sayapnya untuk siapa saja yang menempuh jalan mencari ilmu, sebagai tanda ridha mereka terhadap apa yang ia lakukan.”

(HR. Muslim)

 

Sebegitu pentingnya menuntut ilmu, sampai kita juga dianjurkan untuk selalu berdoa sebelum belajar.

 

Doa Sebelum Belajar

 

Ada beberapa doa yang dapat Anda baca sebelum belajar, diantaranya:

 

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ حِكْمَتَكَ وَفَهِّمْنِيْ تَاْوِيْلَكَ وَانْشُرْ عَلَيَّ سِتْرَكَ وَاسْتُرْ عَوْرَاتِيْ وَآمِنْ رَوْعَتِيْ وَاحْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِيْ وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ وَمِنْ فَوْقِيْ وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

 

Ya Allah, bukalah untukku pintu hikmah-Mu, berikanlah pemahaman padaku terhadap ilmu-Mu, dan selubunglah aku dengan rahmat-Mu. Lindungi aku dari ketakutan, dan peliharalah aku dari segala arah, baik dari depan, belakang, kanan, kiri, maupun dari atas. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu agar tidak terselip dari bawahku.”

 

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَّرِزْقًا طَيِّبًا وَّعَمَلاً مُّتَقَبَّلًا

 

“Ya Allah, aku memohon ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.”

 

أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

 

Aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, jiwa yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dijawab.”

 

رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَّارْزُقْنِيْ فَهْمًا

 

“Ya Rabb, tambahkanlah ilmuku dan berikanlah aku pemahaman.”

 

اللّٰهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

 

“Ya Allah, terimalah doaku, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

 

Itulah beberapa doa sebelum belajar yang dapat Anda pelajari dan praktekkan. Mengapa kita dianjurkan untuk berdoa sebelum belajar? Karena, banyak sekali keutamaan yang dapat kita ambil dengan berdoa sebelum belajar.

 

Keutamaan berdoa sebelum belajar

 

Pendidikan adalah perjalanan panjang yang membutuhkan dedikasi dan usaha. Salah satu praktik yang sering diabaikan, namun memiliki dampak besar, adalah berdoa sebelum memulai proses belajar. Berikut adalah beberapa keutamaan berdoa sebelum belajar yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan kita.

 

Pertama, berdoa memberikan kesempatan untuk merenung dan fokus sejenak sebelum memulai kegiatan belajar. Dengan memusatkan perhatian pada tujuan belajar melalui doa, kita dapat mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.

 

Kedua, doa adalah bentuk ekspresi rasa syukur atas kesempatan untuk belajar. Dengan mengakui pentingnya ilmu pengetahuan dalam pengembangan diri, kita menciptakan sikap yang positif terhadap pembelajaran.

 

Ketiga, keutamaan berdoa sebelum belajar mencakup pengembangan nilai-nilai moral. Doa dapat menjadi momen introspeksi, mengingatkan kita pada nilai-nilai etika dan kebijaksanaan yang perlu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Keempat, berdoa mengajarkan rasa rendah hati. Dengan menyadari keterbatasan dan bergantung pada kekuatan yang lebih besar, kita dapat menjalani proses pembelajaran dengan sikap rendah hati yang mempermudah penerimaan ide dan pengetahuan baru.

 

Setelah mengetahui keutamaan doa sebelum belajar, alangkah lebih baiknya jika kita juga mengetahui adab dalam berdoa.

 

Adab berdoa sebelum belajar

 

Dalam berdoa, kita perlu memperhatikan beberapa adab sebagai berikut: 

  • Niat yang Lurus

 

Niatkan doa dengan tulus dan ikhlas, semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya.

  • Memuji Allah

 

Mulailah doa dengan memuji Allah (tasbih) dan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ini menunjukkan pengakuan kebesaran Allah dan kepatuhan kita kepada sunnah Rasulullah. 

Gunakan nama-nama Allah yang indah dan sesuai dengan permohonan atau kebutuhan kita.

  • Berdoa Dengan Istiqamah (Tetap Istiqomah)

 

Dalam berdoa, kita mesti menjaga konsistensi tanpa merasa putus asa. Meskipun doa belum terkabul sesuai dengan keinginan kita, haruslah tetap terus berdoa.

 

Dalam kesimpulannya, keutamaan berdoa sebelum belajar bukan hanya terletak pada aspek spiritual, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap aspek psikologis dan moral. Doa sebelum belajar ini ada beragam, kita dapat menggunakan salah satunya sesuai dengan keyakinan masing-masing.

 

Dalam memanjatkan doa juga kita memiliki beberapa adab yang mesti kita jalani seperti niat hati yang lurus, memuji Allah dengan nama-nama Allah dan menjunjung rasulullah Saw.

 

Dengan berdoa sebelum belajar, semoga kita mendapatkan keberkahan dari ilmu yang kita terima. Dengan mengakui keberadaan kekuatan yang lebih besar dan menetapkan niat yang baik, kita dapat membuka pintu kesuksesan dalam perjalanan pendidikan kita. Semoga kebiasaan ini tidak hanya menjadi tradisi, tetapi juga menjadi pijakan yang kokoh dalam meraih prestasi dan kebijaksanaan. 

 

Berbagai edukasi mengenai keutamaan berdoa sebelum belajar dapat Anda akses melalui website khazzanahtours.co.id atau bisa menghubungi kami melalu wa 6282210862727. Disana juga Anda dapat menemukan berbagai informasi mengenai ramadhan 2024 dan umroh 2024.


Log out of this account

Leave a Reply