Khazzanah Tours

Keutamaan Berdoa Setelah Adzan

Keutamaan Berdoa Setelah Adzan

Keutamaan Berdoa Setelah Adzan

Category : Artikel

Keutamaan Berdoa Setelah Adzan. Dalam konteks praktik keagamaan, waktu-waktu tertentu di dalam sehari dianggap memiliki keistimewaan tertentu dalam hal beribadah. Kewajiban bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan yang ada. Ibadah spiritual menjadi jalan untuk bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta. Segala upaya dan usaha perlu dilakukan untuk bisa fokus dan khusyuk dalam menjalankan ibadah. Kesibukan dari berbagai kesibukan dan rutinitas tidak melunturkan niat kita untuk bisa beribadah dengan maksimal.

Dengan rutin menjalankan ibadah melaksanakan sesuai dengan tuntunan yang berlaku menjadi upaya untuk selalu dekat dengan sang pencipta. Melalui ibadah kita bisa memohon ampunan atas segala dosa serta memanjatkan doa untuk suatu keperluan. Doa merupakan senjata bagi umat muslim untuk memohon dan mengharap kepada dzat yang maha pengasih dan maha penyayang. Manusia perlu berdoa untuk bisa mewujudkan hal-hal yang diinginkannya dan menyerahkan semua kepada sang pencipta. Terdapat waktu-waktu yang mustajab dalam memanjatkan doa diantaranya ketika adzan dan iqomah. Perlu diketahui lebih dalam tentang keutamaan berdoa setelah adzan, dan waktu mustajab lainnya.

Kewajiban Adzan dan Iqamah

Adzan dan iqamah memiliki peran sentral dalam ritual shalat (sholat) dalam Islam. Kehadiran diri untuk bisa memanjatkan doa setelah adzan menjadi upaya untuk bisa meminta yang terbaik. Ketika kita mampu memanjatkan doa antara adzan dan iqomah, menjadi indikasi untuk melaksanakan secara berjamaah. Sangat berbeda jika sholat dilakukan secara sendirian maka memungkinkan tidak mendapatkan adzan atau tidak dibarengi dengan iqomah sebelum melaksanakan sholat. Suasana antara adzan dan iqomah berbeda ketika merasakan di masjidil Haram, perasaan menjadi lebih khusyuk dalam beribadah. Ketika menjalankan umroh Ramadhan menjadi momen terindah bisa merasakan sholat di masjidil haram, serta memanjatkan doa setelah adzan. Lebih khusus lagi ketika menjelang sholat subuh setelah adzan dikumandangkan nyaman terasa memanjatkan doa sambil menunggu iqomah. Ada perasaan yang lebih tenang dan nyaman menyimak adzan lalu berdoa kemudian iqomah serta melanjutkan dengan sholat berjamaah.

Mengetahui Keutamaan Berdoa Setelah Adzan

Salah satu periode yang dikenal dengan keberkahan dan kemuliaan adalah rentang waktu antara adzan dan iqamah. Maka sangat dianjurkan untuk bisa memanjatkan doa yang terbaik dan meminta kepada sang pencipta. Setiap manusia memiliki keinginan dan keperluan sehingga menjadikan doa sebagai media terbaik untuk bisa terus dipanjatkan. Manusia menjadikan doa sebagai senjata untuk meminta banyak hal kemudian menunjukkan bahwa manusia membutuhkan Allah untuk bisa mendapatkan yang diinginkannya. Dari banyaknya masalah serta ujian maka dengan berdoa manusia bisa memohon agar segala bisa mendapatkan kemudahan dan kelancaran. Segala urusan memerlukan doa untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam berdoa juga harus dari hati dan juga kesungguhan untuk bisa menggapai apa yang diinginkannya. 

Ikhtiar atau usaha yang dilakukan akan kurang jika tidak dibarengi dengan berdoa kemudian tawakal kepada Allah. Sudah seharusnya manusia untuk banyak berdoa karena manusia memiliki keterbatasan untuk menggapai segala keinginannya. Maka dengan doa tercurahkan segala hal yang dipanjatkannya. Dalam berdoa juga terdapat beberapa waktu khusus atau waktu yang mustajab dalam memanjatkan doa. Salah satu diantara waktu mustajab berdoa yaitu antara adzan dan iqomah.

Keutamaan Berdoa Setelah Adzan

Keutamaan berdoa setelah adzan karena waktu ini masuk dalam waktu mustajab dalam berdoa. Setelah adzan dikumandangkan lalu membaca doa setelah adzan dilanjutkan dengan ibadah sholat Sunnah. Kemudian setelah itu dilanjutkan kembali dengan berdoa sambal menunggu iqomah untuk melaksanakan sholat wajib. Apalagi jika bisa memanjatkan doa di depan ka’bah di masjidil haram, hati terasa tenang. Ketika sholat di masjidil haram dengan menyimak adzan dari awal sampai selesai lalu berdoa, kemudian melanjutkan dengan sholat Sunnah.

Selanjutnya memanjatkan doa dengan penuh khusyuk hati terasa dekat sang pencipta, kesempatan untuk meminta banyak hal. Suatu kesyukuran jika bisa menjalankan umroh Ramadhan terdapat banyak fadilah bisa dirasakan ketika menjalankan sholat berjamaah di masjidil haram. Doa menjadi media untuk bisa berkomunikasi antara seorang hamba dengan sang pencipta. Hamba yang lemah dan hina perlu memanjatkan doa untuk bisa dikabulkan segala keperluan dan keinginannya.

Tentang Keutamaan Berdoa Setelah Adzan

Konsep mustajab berdoa mencerminkan keyakinan dalam Islam bahwa terdapat waktu-waktu tertentu yang lebih diutamakan dalam meraih penerimaan doa. Termasuk tentang keutamaan berdoa setelah adzan menjadi waktu yang mustajab dalam memanjatkan doa. Seorang hamba yang memiliki kekurangan dan keterbatasan membutuhkan sang pencipta untuk bisa dimudahkan segela keperluan dan urusannya. Dalam berdoa juga terdapat waktu dan tempat yang utama agar doa bisa dikabulkan oleh Allah. Ketika sedang menjalankan ibadah umroh Ramadhan menjadi kesempatan untuk bisa memanjatkan doa terbaik di baitullah. Banyak keutamaan yang bisa dirasakan ketika berada di tanah suci Makkah serta terdapat tempat-tempat yang terbaik untuk berdoa. Sehingga ketika diberi kesempatan untuk memanjatkan doa di waktu yang tepat dan tempat yang tepat semoga segala doa terwujud. Perasaan akan bahagia ketika segala doa yang dipanjatkan dapat terkabulkan. 

Informasi Tentang Berdoa Setelah Adzan

Rasulullah SAW telah menyampaikan beberapa hadis yang menekankan keberkahan waktu-waktu tertentu, dan waktu di antara adzan dan iqamah termasuk dalam kategori. Selanjutnya untuk pengetahuan lebih mendalam tentang keutamaan berdoa setelah adzan dapat diakses melalui web umroh ramadhan. Dapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang waktu mustajab dalam berdoa, termasuk pengetahuan ketika menjalankan ibadah umroh Ramadhan. Kesempatan yang perlu dimaksimalkan bisa berdoa dan beribadah di kota suci Makkah dan Madinah.


Log out of this account

Leave a Reply