Khazzanah Tours

Keutamaan Haji Dan Umroh Di Usia Muda

Keutamaan Haji dan Umrah di Usia Muda, Rekomendasi Travel Haji dan Umrah,

Keutamaan Haji Dan Umroh Di Usia Muda

Ibadah haji dan umroh adalah kegiatan spiritual yang spesial. Karena ada faktor lain yang bisa mewujudkan kita berangkat menunaikan atau tidak. Meski punya uang yang banyak dan merasa telah siap untuk beribadah, tapi jika panggilan tersebut belum kita dapatkan maka kita belum bisa berangkat. Namun meski tabungan masih seadanya tapi Allah telah memanggil maka segala proses in syaa Allah akan mendapat kemudahan. Keutamaan haji dan umroh di usia muda sangatlah banyak. Kita akan membahasnya alasan penting anjuran melakukan ibadah haji dan umroh selagi muda

Manfaat dari Haji dan Umroh

Ada banyak penjelasan dalam al Quran dan hadits mengenai perintah ibadah ini. Inti dari perintah tersebut adalah kewajiban untuk melakukan haji bagi yang mampu. Saat kita berhasil melakukan amal ibadah ini secara baik maka Allah mengampuni seluruh dosa. Bahkan dalam surah Al Hajj nabi Ibrahim menyerukan untuk berhaji agar jiwa kita kembali suci. Jiwa yang suci tersebut akan memberikan berbagai pengaruh positif terhadap perilaku dan cara berpikir seseorang.

Misalnya saja orang yang telah berhaji atau umroh menyadari bahwa Allah memberikan ampunan atas dosanya. Sehingga setelah pulang dari mekah orang tersebut cenderung menghindari perbuatan negatif agar tetap terjaga dari dosa. Kesadaran akan adanya ampunan dosa ini membuat kita untuk memperbanyak amal kebaikan. Karena hal itu akan menjadi pemberat kebaikan di akhirat kelak. Dengan demikian kita bisa menikmati surga.

Bahkan bagi seorang wanita yang berjuang untuk mendapatkan haji mabruk itu merupakan jihad baginya. Hal ini tertuang dalam hadits Shahih Muslim. Karena perempuan memiliki ketahanan tubuh yang kurang, maka ia perlu usaha yang lebih besar agar bisa menunaikan semua ritual haji. Kesungguh=sungguhan tersebut memberikan pahala yang besar baginya. Bukan hanya itu saja keutamaan haji dan umroh di usia muda bagi perempuan akan membuat mereka lebih terjaga dari perbuatan keji.

Keutamaan Haji dan Umroh di Usia Muda

Fleksibilitas fisik. Sudah jadi rahasia umum bahwa semakin bertambah usia maka kemampuan fisik juga akan berkurang. Misalnya saja saat seseorang memasuki usia 30 tahun maka massa ototnya akan berkurang secara terus menerus tiap tahun. Kondisi ini akan berpengaruh terhadap kemelekatan otot pada rangka. Otot yang berkurang massanya berarti telah memiliki daya penyokong kurang terhadap tulang. Sehingga gerak akan mulai mengalami gangguan seperti nyeri lutut. Nah saat kita masih mudah maka masalah ini tidak perlu kita hadapi. Keutamaan haji dan umroh di usia muda memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Karena kondisi tubuh masih fit. Berbeda jika kita ibadahnya di usia tua, lutut mulai sakit sehingga ibadah berjalan di tawaf kurang maksimal. Selain itu saat sa’I pun perlu endurance, kalo sudah tua maka ketahanan fisik telah berkurang, efek multiplying.

Kita menyepakati bahwa umroh dan haji adalah ibadah yang membutuhkan pengorbanan besar. Namun niat yang lurus untuk beribadah sebagai bukti ketaatan pada Allah akan ia ganjar dengan berbagai keberkahan. Misalnya uang yang kita gunakan untuk umroh akan kembali dalam jumlah berlipat. Bahkan pada ulama menyebutkan orang yang rutin ibadah umroh atau haji akan menjaga hartanya serta akan Allah tambahkan kelimpahannya. Selain itu kedua ibadah ini akan menjaga pola pikir kita jadi lebih positif. Dampaknya berbagai kebaikan akan mendatangi hidup kita. Termasuk hubungan dengan orang tua, anak,keluarga dan kolega akan membaik. Karena orang yang telah umroh dan haji menyadari dirinya sebagai seorang hamba yang baik.

Membangun Networking Sebagai Bagian Keutamaan Haji dan Umroh di Usia Muda

Ada kata-kata bijak yang menyebutkan bahwa “masa depan kita dapat terlihat dari teman bergaul.” Artinya jika bergaul dengan para profesor makna in syaa Allah masa depan kita juga jadi profesor. Jika kita bergaul dengan para ahli surga maka in saya Allah kita juga akan jadi penghuni surga. Melalui haji dan umroh kita bisa bertemu dengan banyak orang. Berbagai kondisi di tanah suci mendorong kita untuk saling mensupport. Kondisi ini secara tidak langsung membantu kita membangun kemitraan dengan orang lain. Sehingga kedepannya dalam hal usaha, pekerjaan atau ibadah kita punya teman komunitas yang mendukung. Keutamaan haji dan umroh di usia muda adalah memiliki komunitas yang membangun. Keberadaan komunitas ini membantu kita untuk tetap istiqomah dalam kebaikan bahkan selepas ibadah haji
Nah kalo sudah paham keutaman haji dan umroh di usia muda, yuk segera kita laksanakan. Mulailah dengan niat yang baik, semoga dengan demikian Allah akan memudahkan langkah kita menuju baitullah. Konsultasikan perjalanan haji dan umroh anda dengan para ahli dari khazzanah tour. Informasi lebih lanjut dapatkan di https://khazzanahtours.co.id/ atau 62895600059995


Log out of this account

Leave a Reply