Khazzanah Tours

Lama Puasa di Mekkah

Lama Puasa Di Makkah

Lama Puasa di Mekkah

Category : Uncategorized

Bulan Ramadan akan datang dalam waktu dekat, banyak persiapan akan dilakukan oleh orang muslim di berbagai belahan dunia. Seperti yang kita tahu bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang dirindukan semua orang muslim. Orang-orang akan semakin dekat dengan penciptaNya pada bulan Ramadan. Pahala yang bertambah hingga berlipat ganda, dosa-dosa akan diampuni. Nikmat mana lagi yang akan didustakan. Ibadah wajib pada bulan Ramadan dapat memberikan pahala dan penggugur dosa. Apa saja sih ibadah yang wajib dilakukan saat bulan Ramadan? Ibadah yang wajib dilakukan pada bulan Ramadan adalah puasa, tarawih, dan zakat fitrah. Puasa harus dilakukan dengan baik. 

Tapi tahukah kalian bahwa tidak semua wilayah di bumi waktu sahur dan berbukanya sama. Kondisi ini dapat terjadi akibat rotasi bumi yang terus berputar, sehingga menyebabkan adanya perbedaan waktu terbit dan tenggelamnya matahari di berbagai wilayah bumi. Kondisi ini juga membuat lama puasa di berbagai wilayah juga berbeda. Ada juga sahabat muslim kita yang harus berpuasa selama 17 jam per harinya. Kondisi tersebut dialami oleh kota Nuuk Greenland, Reykjavik di Islandia, Helsinki di Finlandia, Stockholm di Swedia, dan Glasgow di Skotlandia. Waktu puasa yang lebih lama tersebut, membuat sahabat muslim kita yang tingga disana harus extra untuk mempersiapkan makanan, tenaga, dan waktu untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Perbedaan durasi lama puasa 

Durasi lamanya puasa dipengaruhi oleh posisi matahari dan rotasi atau kemiringan bumi. Wilayah negara yang berada pada garis khatulistiwa memiliki durasi puasa lebih singkat. Berbeda dengan wilayah negara yang menjauhi garis khatulistiwa, apalagi pada garis lintang utara dan selatan. Mereka akan mendapatkan puasa dengan durasi lebih lama. Matahari terlihat hanya beberapa jam saja, ada juga daerah yang tidak melihat terbenamnya matahari. Wilayah tersebut akan direkomendasikan supaya mengikuti durasi puasa yang ada di Arab Saudi. Mengapa Arab Saudi yang dipilih? Hal ini berkaitan dengan lokasi Kabah yang terdapat di sana, sehingga banyak ulama yang merekomendasikan hal itu.

Puasa di Mekkah

Durasi lama puasa di wilayah Timur Tengah rata-rata berkisar 13 jam hingga 15 jam. Begitu juga dengan lama puasa di Mekkah selama 14 jam. Pada saat Ramadan suasana di Mekkah akan semakin ramai. Hal ini juga dapat ditemui di Masjidil Haram, banyak orang melakukan ibadah dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala berlipat ganda. Seperti diketahui bersama suhu udara dan faktor geografis di Mekkah berbeda dengan Indonesia. Cuaca panas menjadi salah satu tantangan saat menjalankan ibadah puasa di Mekkah. Mereka yang berpuasa disana harus mempersiapkan tenaga yang cukup, agar dapat menghadapi lamanya puasa di Mekkah. Tapi hal tersebut tidak akan menyurutkan semangat beribadah umat muslim. Mereka akan memenuhi masjid-masjid yang ada di Mekkah untuk melakukan ibadah bersama. Mulai dari sholat berjamaah, berbuka bersama, hingga shalat tarawih berjamaah. 

Umat muslim yang hendak menjalankan bulan Ramadan di Mekkah, harus mempersiapkan segala hal dengan baik. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh selama melakukan lama puasa di Mekkah. Mereka yang tidak terbiasa dengan kondisi geografis di Mekkah, harus beradaptasi dengan hal tersebut. Perlu menjaga makanan dengan asupan cairan dan gizi seimbang selama puasa di Mekkah. Kondisi yang prima dapat mempengaruhi ibadah yang sedang dilakukan berjalan dengan baik. Selain kondisi spiritual yang ditingkatkan, kondisi fisik juga harus dijaga. Perhatikan betul makanan sahur dan berbuka memiliki gizi seimbang. Cukupi kebutuhan air harian agar terhindar dari dehidrasi.

Umroh Saat Ramadan, Kenapa Enggak?

Waktu yang tepat mengunjungi Mekkah adalah saat Ramadan. Anda bisa melakukan dua ibadah sekaligus pada saat Ramadan. Menjalankan ibadah umroh Ramadan adalah hal yang tepat. Umroh merupakan kegiatan mengunjungi Baitullah bermaksud untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melakukan rangkaian ibadah umroh tidak harus menunggu momen tertentu. Jadi kapan saja anda mau, rangkaian umroh dapat dilaksanakan. Namun waktu yang sangat tepat adalah melakukan Umroh Ramadan. Perasaan bahagia akan terasa luar biasa jika melakukan rangkaian ibadah umroh dan ibadah Ramadan dalam satu waktu. Pahala yang akan didapatkan semakin banyak dan berlipat. Ramadan 2024 ini cocok anda pilih sebagai momentum melakukan ibadah umroh Ramadan. 

Sebelum itu anda harus memastikan memilih biro umroh yang terpercaya dan berkualitas. Hal ini akan mempengaruhi bagaimana rangkaian ibadah umroh Ramadan yang dijalani. Pastikan fasilitas yang ditawarkan sudah sesuai dan membuat anda nyaman menjalani ibadah umroh Ramadan. Khazzanah Tour dapat membantu anda dalam mengatur segala rangkaian ibadah umroh Ramadan. Pelayanan terbaik akan diberikan untuk memastikan anda nyaman dan fokus dalam menjalankan ibadah. Fasilitas untuk menunjang makan sahur dan berbuka telah sesuai dengan nilai gizi. Jadi jangan khawatir, Khazzanah Tour akan memperhatikan dan menjaga kondisi anda agar tetap prima. Silahkan kunjungi website kami di khazzanahtours.co.id untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai paket perjalanan umroh Ramadan 2024, atau bisa langsung menghubungi wa 6282210862727. Layanan pelanggan kami tersedia dan dengan senang hati akan membantu anda.


Log out of this account

Leave a Reply