Khazzanah Tours and Travel

Rekomendasi Waktu Haji Umroh

Rekomendasi Waktu Haji Umroh, Travel Haji dan Umroh Terpercaya,

Rekomendasi Waktu Haji Umroh

Ibadah adalah bentuk penghambaan diri kepada sang pencipta. Di dalam islam kita mengenal rukun islam. Terdapat 5 rukun yang harus kita taati sebagai ketaatan pada Allah. Salah satunya adalah berhaji dan umroh. rukun islam yang kelima ini memiliki keistimewaan. Alasannya karena haji dan umroh hanya bisa kita laksanakan di Mekah. Berbeda dengan rukun yang lain bisa kita lakukan dimanapun. Selain itu ibadah terakhir yang merupakan penyempurna dari keislaman kita ini membutuhkan usaha lebih tinggi untuk melaksanakannya. Kita membutuhkan panggilan dari Allah, kemampuan finansial dan kebugaran fisik. Oleh karena itu rekomendasi waktu haji umroh akan membantu kita memaksimalkan diri dalam beribadah di sana.

Menghindari Musim Yang Ekstrem

Di Saudi Arabia berada di daerah subtropis dengan iklim gurun yang menyebabkan perbedaan suhu tinggi. Iklim gurun memiliki banyak karakteristik yang membuat suhu malam dan siang hari sangat jomplang. Karena sebagian besar wilayah suadi adalah gurun yang minim vegetasi, maka kemampuan tanah untuk menahan panas rendah. Dampaknya pada siang hari cuaca sangat panas. Selain itu atmosfer di gurun juga tidak stabil. Akhirnya suhu dari siang cepat sekali hilang dan suhu menjadi sangat dingin pada malam hari. Rekomendasi waktu haji umroh sebaiknya memperhatikan karakteristik cuaca ini. Karena ini akan membantu kita untuk memilih waktu berangkat yang tepat
Saat akan berangkat haji maka musim yang ekstrim ini perlu kita hindari. Karena sebagai orang indonesia yang berada di wilayah tropis, kita terbiasa dengan suhu yang tidak terlalu jauh perbedaannya. Vegetasi di Indonesia sangat kaya sehingga tanah masih mampu menahan panas. Dampaknya meskipun panas di siang hari suhu maksimal masih di 35 derajat. Atmosfer Indonesia juga jauh sangat stabil daripada negara Arab. Dampaknya perubahan suhu dari siang membutuhkan waktu yang lebih lama. Sehingga suhu pada malam hari tidak terlalu dingin.
Musim ekstrim di Arab berdampak pada daya tahan tubuh. Saat tubuh merasakan panas berlebih dari dalam maka respon alaminya adalah mengeluarkan keringat yang lebih. Nah akibatnya kita mudah kekurangan cairan. Rekomendasi waktu haji umroh sebaiknya kita lakukan saat cuaca lebih tenang. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Sehingga tubuh kita bisa lebih beradaptasi. Karena kondisi ekstrim seperti panas dan dingin membuat regulasi suhu tubuh jadi kacau. Dampaknya kita mudah drop.

Kapan Rekomendasi Waktu Haji Umroh Yang Tepat?

Ibadah haji memiliki waktu yang telah tetap sehingga tidak bisa kita ubah. Artinya untuk melakukan haji kita melakukannya di bulan syawal, dzulqa’dah dan 10 hari pertama dzulhijjah. Sementara itu umroh memiliki waktu yang lebih fleksibel. Kita bisa melakukannya kapan saja. Namun rekomendasi terbaik adalah di bulan ramadhan, rabi ul awal, rajab dan musim dingin. Umroh di bulan puasa selalu istimewa karena memiliki keutamaan yang besar. Salah satunya umroh di bulan ini memiliki pahala yang besar setara ibadah haji. Sedangkan di bulan rabiul awal, ia menjadi istimewa hariena pada bulan ini Rasulullah lahir. Sehingga selain melakukan ibadah kita juga bisa merenungkan peristiwa besar kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Waktu lain yang kita rekomendasikan adalah bulan rajab dan musim dingin. Bulan rajab memiliki keutamaan tersendiri. Karena anjuran beribadah umroh di bulan ini lebih besar. Sehingga jika menjalani umroh di rajab pahala yang besar akan kita dapatkan. Sementara itu musim dingin yang terjadi di bulan november hingga februari terasa lebih nyaman. Karena pada waktu ini udara lebih sejuk. Namun tetap pastikan membawa pakaian tebal agar tidak terkena flu.

Tips Memilih Rekomendasi Waktu Haji Umroh

Hindari Puncak Musim

Ada beberapa waktu tertentu yang jumlah wisatawan membludak datang ke Saudi. Salah satunya di musim libur sekolah dan hari raya. Di musim libur banyak sekali orang mengisi waktu bersama keluarga. Destinasi ibadah dan wisata yang paling banyak peminat adalah umroh. sehingga di musim ini jumlah orang yang melakukan umrah sekaligus pelesiran sangat banyak. Kerumunan akan terjadi dimana-mana sehingga kita jadi kurang nyaman.

Perhatikan Kondisi Global

Biasanya paket umroh ada penambahan wilayah wisata lain seperti palestina atau turki dan sebagainya. Jika ingin melakukan umroh plus maka sebaiknya rekomendasi waktu haji dan umroh memperhatikan peristiwa besar yang terjadi. Misalnya jika terjadi peperangan aktif di palestina maka sebaiknya kita menghindari berkunjung ke sana hingga suasana lebih tenang. Tujuannya agar kita bisa menikmati secara maksimal perjalanan tanpa mengancam nyawa

Dapatkan rekomendasi waktu haji umroh terbaik bersama khazzanah tour. Kita bisa mendiskusikan waktu terbaik untuk menjalankan ibadah bersama para pakar yang berpengalaman. Kita bisa memilih berbagai jenis paket haji khusus dengan harga terjangkau di sini. Informasi lengkapnya kunjungi https://khazzanahtours.co.id/ atau melalui 0895600059995


Log out of this account

Leave a Reply