Khazzanah Tours

Tradisi Masyarakat Arab Menyambut Ramadan

Tradisi Masyarakat Arab Menyambut Ramadan

Tradisi Masyarakat Arab Menyambut Ramadan

Category : Uncategorized

Bulan Ramadan akan tiba sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menyambutnya dengan suka cita. Keutamaan dan keistimewaan dari Ramadan sangat banyak, sehingga umat muslim diseluruh dunia menyambutnya dengan gembira. Banyak hal yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan tiba, salah satunya adalah melakukan berbagai persiapan dengan cara yang unik. Cara menyambut bulan Ramadan ini akan mengikuti tradisi yang telah ada ditengah masyarakat sebelumnya. Begitupun dengan umat muslim yang ada di berbagai belahan dunia, mereka akan menyambut Ramadan dengan tradisinya. Biasanya akan lebih meriah jika dilakukan dengan beramai-ramai dan penuh suka cita. Tradisi ini dapat menjadi sebuah ciri khas dari berbagai daerah untuk menyambut Ramadan. Tradisi masyarakat arab menyambut Ramadan juga dilakukan dengan gembira dan suka cita. Banyak hal yang dapat dilakukan saat Ramadan di Arab. Berikut tradisi masyarakat arab menyambut ramadhan :

Menembakan Meriam

Kegiatan menembak meriam adalah salah satu tradisi masyarakat arab menyambut Ramadan. Meriam akan dinyalakan untuk menandakan beberapa hal, mulai dari waktu imsak, waktu buka puasa, dan tanda masuknya 1 Syawal. Meriam akan dinyalakan menjauhi pusat keramaian, jadi jangan khawatir akan hal tersebut. Biasanya meriam akan dinyalakan di gunung sebelah timur Masjidil Haram. Jadi gunung tersebut saat ini terkenal dengan sebutan gunung meriam. Menjadi hal yang menarik saat mengetahui bunyi dentuman meriam saat menunggu berbuka puasa. Apakah anda ingin mencoba sensasi tersebut?

Menyiapkan Makanan Khas

Tradisi masyarakat arab menyambut Ramadan adalah dengan menyiapkan makanan khas. Mereka akan dengan semangat mempersiapkan makanan berbuka dengan menyajikan berbagai hidangan. Mulai dari yogurt, kurma, susu, samosa, atayef, dan makanan lainnya. Hal ini selalu dilakukan oleh masyarakat Arab dalam mempersiapkan makanan berbuka puasa. 

Haq al Laila 

Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi masyarakat arab menyambut Ramadan. Anak-anak akan keluar di sekitar lingkungan dengan menggunakan baju warna cerah. Mereka akan mengumpulkan kacang-kacangan dan permen menggunakan kharyta yaitu tas jinjing. Dengan menyanyikan lagu-lagu tradisional mereka akan menghampiri rumah-rumah untuk mendapatkan hadiah. 

Menyiapkan Siwak

Menyiapkan siwak sebagai pengganti sikat gigi adalah sebuah tradisi masyarakat arab menyambut Ramadan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau mulut dan membersihkan mulut. Anda dapat mencobanya saat mengunjungi Arab Saudi pada Ramadan 2024 ini. Rasakan sensasinya dan bagikan pengalaman menggunakan siwak tersebut.

Menabuh drum dan menyanyi

Drum ditabuh untuk membangunkan orang sahur. Mereka menabuh drum dengan menyanyikan lagu-lagu suci. Hal ini dilakukan sebagai tradisi masyarakat arab menyambut Ramadan. Ikatan kebersamaan dan rasa peduli satu sama lain menjadi nilai dalam tradisi ini.

Beberapa tradisi masyarakat arab menyambut Ramadan tersebut, menjadi suatu ekspresi suka cita dan gembira dalam menyambut Ramadan. Hal ini dilakukan karena perasaan bahagia berjumpa kembali dengan bulan istimewa. Ibadah akan semakin ditambah dan pahala akan semakin berlipat. Jadi tidak salah banyak orang menyambut bulan Ramadan dengan perasaan senang dan gembira. 

Hal yang Bisa Dilakukan di Arab Saudi Saat Ramadan

Sama seperti halnya di Indonesia, saat di Arab kita juga bisa melakukan ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka. Mempersiapkan waktu berbuka dengan membeli camilan manis dan kurma. Atau bisa juga mengikuti kegiatan buka bersama yang diadakan oleh kelompok masyarakat disana. Pasti suasananya akan sangat berbeda, mengenal orang-orang baru dan menjalin komunikasi menjadi salah satu pengalaman yang tidak dapat dilupakan. Mengunjungi Souq atau pasar menjadi salah satu hal yang bisa anda lakukan saat di Arab. Dengan datang kesana anda dapat menikmati berbagai toko-toko yang menyediakan berbagai kebutuhan. Selain itu juga anda dapat merasakan sentuhan budaya yang ada di pasar Ramadan tersebut. Berbelanja dan menikmati budaya adalah dua hal yang tepat untuk dilakukan. Saat Ramadan sibukan diri dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Perbanyak ibadah dan pahala, agar apa yang kita kerjakan sebelumnya dapat bermanfaat. Menjalankan sholat tarawih berjamaah dapat menjadi kegiatan yang harus dilakukan. 

Ibadah Umroh Pada Saat Ramadan

Pilihan yang tepat jika anda melakukan ibadah umroh pada saat bulan Ramadan. Mengapa demikian? Karena pahala yang akan didapatkan nantinya berlipat ganda. Selain itu suasana Ramadan yang ada di Arab Saudi mendukung anda untuk melakukan ibadah lebih serius dan fokus. Tantangan jika melakukan umroh Ramadan adalah cuaca panas. Perubahan kondisi geografis akan mempengaruhi juga daya tahan tubuh, sehingga anda memerlukan persiapan yang lebih untuk melaksanakan umroh Ramadan. Tapi bukankah suatu tantangan itu akan manis jika berhasil dilalui? Begitu juga dengan melakukan ibadah umroh saat puasa, hal tersebut akan terbayarkan dengan pahala berlipat dan pengalaman berkesan. 

Pemilihan layanan biro umroh juga dapat mempengaruhi kualitas rangkaian ibadah umroh Ramadan. Pastikan anda memilih biro umroh yang berkualitas dan amanah, sehingga nantinya tidak akan mengganggu rangkaian ibadah umroh Ramadan. Khazzanah Tour dengan senang hati membantu anda untuk mengatur segala rangkaian ibadah umroh Ramadan. Kami akan memberikan pelayanan terbaik dengan fasilitas yang nyaman, untuk memastikan anda tetap aman dan fokus dalam menjalankan ibadah umroh Ramadan. Silahkan kunjungi website resmi kami di khazzanahtours.co.id untuk informasi lengkap paket perjalanan ibadah umroh Ramadan 2024. Hubungi layanan pelanggan kami di wa 6282210862727 untuk mengkonsultasikan mengenai ibadah umroh Ramadan anda.


Log out of this account

Leave a Reply